Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) usai menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap pengelolaan keuangan daerah selama lima kali secara beruntun.

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, Kamis, mengatakan jika penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Keuangan RI, Sri Mulayani di gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan.

"Penghargaan itu diberikan saat rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2018 yang digelar Direktorat Jenderal Perbendaharan Negara," ujarnya.

Bupati mengaku jika pada Rakernas 2018, Pemerintah memberikan penghargaan bagi 93 entitas Kementerian? Negara/Lembaga dan Pemerintah Provinsi, Kota, dan Kabupaten yang mendapat opini terbaik, WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebanyak lima kali berturut-turut.

Penghargaan berupa Tropi berbentuk piramid yang diterima Bupati Bone Bolango, Hamim Pou itu bertuliskan penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia kepada entitas Pemerintah atas capaian WTP untuk laporan keuangan pada 2013-2017.

"Kabupaten Bone Bolango merupakan satu dari 38 Kabupaten yang meraih WTP lima kali berturut turut,"ujar Bupati.

Dia mengungkapkan, Menteri Keuangan berpesan jika WTP bukan tujuan akhir, tapi titik awal memanfaatkan anggaran, untuk meningkatkan keejahteraan rakyat melalui tata kelola keuangan yang baik transparan serta bebas dari korupsi.

"Ayo terus berubah. ini kerja kita bersama, hasil capaian bersama. Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) BB, WTP lima kali berturut, IPM tertinggi dan kemsikinan terendah, Adipura dan lainnya," tandas Bupati.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018