Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Karnaval multi etnis Festival Pesona Danau Limboto (FPDL) di objek wisata Pentadio Resort, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo menampilkan adat dan budaya yang ada di seluruh nusantara.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo di Gorontalo, Jumat, mengatakan karnaval budaya itu ditampilkan agar budaya nusantara terus dapat dipertahankan dan semakin dikenal.

"Budaya ini harus terus dikembangkan, bukan hanya Gorontalo tapi daerah lain juga, oleh karena itu pada kegiatan ada penampilan dari budaya Ponorogo, Jawa Tengah, Sunda, Jawa Tondano, Bolaang Mongondow dan lainnya," ujarnya.

Menurut Nelson, Indonesia sangat kaya akan adat dan budaya, dan semua hal itu harus terus diperkenalkan dan dipertahankan.

"Kita berharap budaya bukan hanya dari seni, tapi perilaku kita dan toleransi melalui karnaval yang digelar setiap tahunnya," kata dia, lagi.

Sementara itu, salah seorang pengunjung asal Kota Gorontalo mengaku sangat terhibur dan tertarik dengan adanya karnaval budaya multi etnis yang dilaksanakan di Pentadio Resort tersebut.

"Tidak hanya budaya Gorontalo saja yang tampil tadi, tapi ada dari daerah tetangga seperti Bolaang Mongondow dan juga Sangihe. Seperti satu paket perjalanan saja, di karnaval ini kita bisa melihat beragam budaya yang ada di Indonesia," ungkapnya.

Abdullah berharap, kegiatan serupa dapat terus digelar dan ditingkatkan setiap tahunnya agar Gorontalo dapat semakin dikenal dan lebih banyak pengunjung yang datang ke Kabupaten Gorontalo.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018