Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara (Gorut) akan mengembangkan desa wisata pantai di Kecamatan Monano.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat, Frits Ano, Senin, mengatakan, desa wisata pantai sangat cocok dikembangkan di Desa Monano, Kecamatan Monano, karena ditunjang dengan kondisi alam dan pantai pasir putih yang sangat indah terbentang di wilayah itu.

Letak geografis Pantai Monano yang lengkung memanjang di wilayah perbatasan Kecamatan Monano dan Sumalata Timur, merupakan aset wisata yang layak dikembangkan menjadi ikon kepariwisataan di daerah ini.

Apalagi setiap akhir pekan, peminat wisata pantai di Pantai Monano semakin tinggi, ditunjang dengan akses jalan dan sarana prasarana permandian yang memadai.

Pencanangan gerakan kebersihan Pantai Monano, merupakan langkah awal mengembangkan Desa Monano sebagai kawasan objek wisata unggulan di daerah ini.

Untuk tahun 2013 ini, pemerintah daerah mengalokasikan anggaran pembangunan infrastruktur kepariwisataan di Pantai Monano, dengan harapan mampu meningkatkan minat kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Anggaran Rp100 juta telah disiapkan untuk pembangunan beberapa penginapan "cottage" yang akan menunjang realisasi kawasan desa wisata pantai ini.

Pemerintah daerah berharap dukungan masyarakat sekitar, untuk menunjang realisasi program pariwisata tersebut, diantaranya dengan menjadi tuan rumah yang baik, melalui pelayanan, keramahan, kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung.

Selain itu ikut menjaga keindahan Pantai Monano terutama kebersihannya, dan merawat pohon pelindung yang ditanam di areal kawasan pantai pasir putih tersebut.

Pihaknya akan mengembangkan potensi pesisir pantai yang memiliki keindahan dan layak dikembangkan menjadi desa atau kawasan wisata, seperti di pantai panjang Sumalata.

"Pemerintah daerah berharap, program pengembangan kepariwisataan di daerah ini, akan menarik minat para investor untuk ikut menanamkan modal usahanya dalam mengembangkan objek wisata unggulan yang dimiliki, khususnya potensi pantai pasir putih," ungkap Frits.

Pihaknya juga melakukan upaya publikasi meluas memanfaatkan jejaring sosial dan situs pariwisata yang dimiliki untuk menarik minat investasi di salah satu sektor unggulan daerah itu.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013