Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Gorontalo mengirim bantuan dan relawan untuk membantu meringankan penderitaan korban gempa dan tsunami di Kabupaten Donggala dan Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Relawan yang diberangkatkan berjumlah 17 orang, yang terdiri dari dua orang dokter, tiga orang bidan, enam orang perawat, dan sisanya merupakan mahasiswa yang tergabung dalam gerakan pramuka peduli.

Ketua Kwarda Provinsi Gorontalo Idah Syahidah, Selasa, meminta untuk seluruh relawan yang akan berangkat? ke Kabupaten Donggala dan Palu dengan? pesawat Hercules, bisa melaksanakan misi kemanusian ini dengan sebaik baiknya.

Idah mengimbau semua relawan terus menjaga kesehatan dan tetap kuat selama berada dilokasi

"Untuk relawan, semua kerja kalian tidak ringan. Ini adalah tugas kemanusiaan kalian memang tidak mendapatkan apa apa. Tapi tugas kalian menyelamatkan orang ini sangat mulia, kalian orang-orang yang terpilih," ujarnya di Gorontalo.

Istri Gubernur Gorontalo ini menambahkan selama berada di lokasi semua tim relawan harus bisa mengontrol emosi, terus menjaga kekompakkan sebagai tim.

"Tetap jaga kekompakkan, jangan mudah tersinggung. Kalian disana akan berhadapan dengan orang-orang yang memiliki emosi tidak stabil, jangan sampai kalian juga emosi. Kalian juga harus jujur utamanya dalam menyelamatkan barang-barang orang lain, jangan lupa gunakan pakaian lapangan yang sesuai," tambahnya

Ia berharap semua relawan yang akan berada di lokasi bencana tersebut, selama tujuh hari ke depan? tidak membagikan informasi yang bisa membuat keluarga korban di luar daerah semakin khawatir.

Fokus bekerja dan menyelesaikan misi kemanusian adalah tujuan utama dari semua relawan.

"Saya ucapkan selamat jalan dan selamat bertugas. Jaga diri kalian sendiri, jaga nama baik Provinsi Gorontalo jangan lupa untuk terus berdoa, tetap sholat dimanapun kalian berada," tutupnya.

Selain mengirim relawan, gerakan Pramuka Peduli juga turut memberikan bantuan sebanyak 12 ton untuk semua keperluan dan kebetuhan korban bencana Palu-Donggala.

Bantuan itu tediri dari beras, air minum, makanan siap saji, pakaian layak pakai dan obat-obatan, bantuan tersebut diserahkan melalui Dinas Sosial Provinsi Gorontalo.

 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018