Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengatakan jika masa depan bangsa dan daerah berada di tangan pemuda sebagai generasi dan pemegang tongkat estafet pembangunan.

"Patut kita apresiasi peran pemuda. Kita lihat sejarah pengorbanan mereka pada tahun 1928, pemuda pada zaman proklamasi 1945, sampai pada zaman reformasi," ujarnya di Gorontalo, Minggu.

Menurutnya, peran organisasi pemuda dan jiwa mahasiswa serta siswa begitu besar. Oleh karena itu, pemuda terus dikembangkan dengan melihat berbagai potensi yang ada.

"Untuk itu, pada hari ini saya ucapkan selamat Hari Pemuda. Mereka itu punya banyak keungulan, selain sebagai aset bangsa dari sisi jumlah penduduk," ucapnya.

Ia menjelaskan jika pemuda harus memiliki idealisme, semangat dalam membangun dan juga memiliki keahlian serta ketahanan fisik yang bagus.

"Tapi yang lebih utama lagi mereka ini generasi yang milenial yang selain ilmunya berkembang, tapi juga secara teknologi. Maka kalau ini dibina dengan baik, maka akan mempercepat proses pembangunan daerah," jelasnya.

Disisi lain, pihaknya ingin menyiapkan mereka untuk menerima tongkat estafet pembangunan karena pemerintahan kedepan atau kepemimpinan di semua lini, akan diisi oleh generasi muda.

"Apalagi kedepan kompetisi kedepan lebih ketat, maka kita harus siapkan dengan baik pemuda ini," ucap Nelson.

Mengenai peran dari berbagai organisasi pemuda yang ada di daerah, menurut Bupati organisasi seperti Karang Taruna dan KNPI terus bergeliat, berkarya dan bermitra dengan pemerintah.

"Mereka selalu mendukung pemerintah, termasuk membangun berbagai karakter pemuda. Saya berharap mereka semalin berperan dalam menata masa depan pembangunan di daerah," lanjutnya.


 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018