Gorontalo, (Antara News) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo, berkomitmen untuk mendorong terciptanya kesetaraan dan keadilan gender dalam berbagai aspek.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo di Gorontalo, Selasa, mengatakan hal itu dilakukan dalam rangka pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

"Namun hingga saat ini, capaian mengenai hal tersebut belum Optimal, berdasarkan Gender Development Indeks (GDI) menunjukan masih adanya kesenjangan gender antara perempuan dan laki-laki, dengan partisipasi perempuan yang masih rendah," ujarnya pada kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Anak.

Menurutnya, langkah strategis dalam mewujudkan Kesetaraan gender dalam pembangunan, adalah dengan menerapkan strategi pengarusutamaan gender.

"Strategi ini di bangun untuk mengintegrasikan perspektif gender menjadi satu dimensi integral dari perencanaan, penyusunan, pelaksanaan pemantauan dan evaluasi atas kebijakan dan program pembangunan," jelasnya.

Nelson menjelaskan, dalam upaya percepatan kelembagaan pengarusutamaan gender di Kabupaten Gorontalo, dituntut adanya kemampuan dan keterampilan sumber daya manusia (SDM) serta di dukung komitmen tinggi dari para pengambil keputusan.

Hal itu untuk membantu meningkatkan kemampuan dan keterampilan SDM dalam menerapkan perencanaan dan penganggaran serta penganggaran yang responsif gender, khususnya dalam penyusunan Gender Analysis Pathway (GAP) dan Gender Budget Statement (GBS) terhadap dokumen rencana kerja di tiap organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Dalam mewujudkan visi dan misi menuju kabupaten Gemilang, pemerintah daerah berkomitmen melaksanakan pengarusutamaan gender diberbagai bidang pembangunan, sehingga mengantarkanKkabupaten Gorontalo meraih Penghargaan Aungerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori utama pada Tahun 2016," ungkapnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018