Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Pemprov Gorontalo akan menyiapkan rumah warga untuk menjadi "homestay", bagi para peserta kegiatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) yang akan digelar 14 Desember 2018.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meminta agar dinas terkait bisa mematangkan tempat penginapan, bagi ratusan tamu yang akan datang ke Gorontalo.

"Dari sekarang sudah harus didata rumah-rumah yang akan menjadi lokasi homestay para peserta. Pasti hotel dan penginapan tidak akan sanggup menampung. Jadi dibuat lokasinya berdasarkan daerah. Contohnya, rumah-rumah di Kota Timur jadi "homestay" peserta dari Provinsi A, di Kota Utara Provinsi B dan seterusnya," katanya, Kamis.

Selain hotel yang terbatas, homestay juga akan mendekatkan para peserta dengan masyarakat lokal sehingga ada interaksi yang menjadi nilai tambah kegiatan tersebut.

Kepala Dinas Sosial, Perlindungan Perempuan, dan Anak (Dinsos P2A) Risjon Sunge menjelaskan pelaksanaan HKSN akan diawali dengan Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial (LBKS) yang akan dimulai dari Kabupaten Pohuwato tanggal 14 Desember nanti.

Pada anggal 15 Desember LBKS berlanjut di Kabupaten Boalemo, 16 Desember di Kabupaten Gorontalo, 17 Desember di Kota Gorontalo dan 18 Desember di Kabupaten Gorontalo Utara.

"Setelah dari Kota Gorontalo, kemudian ke ke Kabupaten Grontalo Utara. Di sana nanti akan ada peresmian rumah Komunitas Adat Terpencil (KAT) oleh Menteri Sosial," jelas Risjon.

Sementara pada tanggal 19 Desember akan ada pelaksanaan puncak Bulan Bakti Kesetiakawanan Sosial (BBKS), yang akan dipusatkan di Kabupaten Bone Bolango.

"Sore harinya, pembukaan pameran Expo HKSN 2018 yang dipusatkan di Gelanggang Olahraga David-Tonny di Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo." katanya.

Tanggal 20 Desember 2018 akan menjadi puncak dari pelaksanaan HKSN 2018 yang rencananya bakal dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo.

Acara yang digelar di GOR David-Tonny tersebut akan dihadiri oleh 35 ribu orang dari berbagai unsur, termasuk para penggiat sosial se Indonesia.

 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018