Gorontalo, (ANTARA News) - Petualangan jejalah hutan "Pinogu Adventure 2018", resmi dimulai dengan dibuka oleh Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, di Desa Tulabolo, Kecamatan Pinogu.

"Ini merupakan iven tahun di daerah ini, dimana para peserta akan melalui rute Tulabolo-Pinogu yang menjadi bagian dari kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone," ujarnya di Gorontalo, Sabtu.

Ia menjelaskan, kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone memiliki berbagai kekayaan serta keanekaragaman hayati mulai dari flora dan fauna serta pemandangan yang indah.

"Terdapat 125 jenis burung yang hidup di taman nasional, 24 jenis mamalia, 23 reptil serta 300 jenis pohon yang ada di taman nasional. Didalamnya juga ada flora dan fauna endemik," jelasnya.

Hamim pun meminta kepada para peserta untuk mengunggah aktifitas mereka selama ikut petualangan tersebut ke media sosial atau catatan perjalanan.

Rekam lewat tulisan apa yang dilihat dan saksikan. Cerita-cerita ini rencananya akan dibukukan, cerita Pinogu Adventure 2018. Selamat datang, selamat bertualang, `welcome to the junggle`, selamat menikmati apa yg ada di taman nasional. Kompak dan saling tolong menolong,"ujar Bupati.

Pinogu Adventure 2018 merupakan salah satu dari dua iven yang digelar Pemerintah Kabupaten Bone Bolango pada akhir tahun 2018 selain Bone Bolango Marathon.

"Ada beberapa agenda besar di penghujung 2018, seperti Pinogu Adventure 2018 dan Bone Bolango (Bonebol) Maraton, dan simposium nasional kabupaten konservasi," ujar Bupati Hamim Pou dan mengharap keterlibatan semua warga dalam mensukseskan iven akbar itu.

Ada dua Kriteria lomba pada pelaksanaan Pinogu Adventure 2018 regional Sulawesi, yakni untuk kelas umum dan lintas SKPD se Provinsi Gorontalo.

Sementara untuk Bonebol Maraton akan digelar pada Minggu 2 Desember 2018 yang mengambil titik mulai di lapangan Ippot Tapa dan tiba di Centre Point Bone Bolango.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018