Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Tingkat ketimpangan atau gini ratio tahun 2018 di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo mengalami penurunan dibandingkan tahun 2017.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou di Gorontalo, Selasa, mengatakan dalam dua tahun terakhir tingkat ketimpangan turun, seperti pada tahun 2017 sebesar 0,400 menjadi 0,348 pada tahun 2018.

"Begitu pun dengan angka kemiskinan, Kabupaten Bone Bolango, adalah kabupaten yang mempunyai angka kemiskinan paling rendah se Provinsi Gorontalo, Dimana penurunannya mencapai 0,41 persen," ujarnya.

Menurut Hamim, angka kemiskinan rendah di daerah itu semakin rendah, juga kesenjangannya tidak terlalu tajam.

"Jadi makin mendekati angka nol, itu berarti tidak ada kesenjangan. Makin ke atas, makin mendekati angka 1, maka kesenjangannya melebar," beber Hamim.

Sementara, Kepala Bappeda-Litbang Bone Bolango Iwan Mustapa mengatakan tren penurunan gini ratio di Kabupaten Bone Bolango tentu hal yang baik. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukan setiap tahun gini ratio mengalami penurunan.


"untuk tahun 2017 gini ratio Kabupaten Bone Bolango sebesar 0,400 dan tahun 2018 menurun menjadi, 0,348, informasi yang diterima gini ratio Kabupaten Bone Bolango merupakan yang terbaik di Provinsi Gorontalo," ujar Iwan Mustafa.

Selain itu, Iwan juga mengatakan jika hasil survei dari Lembaga Survei Gorontalo Barometer menunjukan jika Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango tahun 2018 mengalami kenaikan.

"IKM naik dari 73,5 untuk tahun 2017 menjadi 73,8 pada 2018. Ini sebagai bagian dari upaya kita untuk memperbaiki kinerja penyelenggaraan pemerintahan termasuk mengukur sejauh mana kepuasan masyarakat terhadap layanan pemerintahan yang diberikan oleh semua unit kerja," jelasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019