Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango tahun 2018 mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya melalui hasil survei.

Kepala Kepala Bappeda-Litbang Bone Bolango, Iwan Mustapa di Gorontalo, Selasa, mengatakan IKM naik dari 73,5 untuk tahun 2017 menjadi 73,8 pada 2018.

"Ini sebagai bagian dari upaya kita untuk memperbaiki kinerja penyelenggaraan pemerintahan termasuk mengukur sejauh mana kepuasan masyarakat terhadap layanan pemerintahan yang diberikan oleh semua unit kerja," ujarnya.

Ia mengaku jika survei tersebut dilakukan oleh Lembaga Survei Gorontalo Barometer dan dilaksanakan setiap tahun.

"Hasil survei ini dilakukan secara `Puposive Sampling` kepada 4.350 responden seluruh dari total populasi penduduk Bone Bolango. Untuk respondennya disebar ke seluruh kecamatan dengan menggunakan pedoman yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No 14 tahun 2017, jadi ini memang ada pedomannya," jelasnya.

Iwan mengungkapkan jika hasil survei menggunakan sembilan parameter baik yang menyangkut persyaratan, biaya, prosedur dan parameter lainnya.

"Jenis layanan yang disurvei ini adalah semua jenis layanan yang dilakukan oleh masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 47 unit layanan termasuk kecamatan, jadi ada 28 OPD, dan 18 kecamatan dengan hasil terakhir IKM Bone Bolango 73,8," kata dia, lagi.

Layanan paling tertinggi dari hasil survei terhadap responden adalah layanan dibidang kesehatan yang menempati urutan tertinggi, berkaitan dengan persyaratan layanan, prosedur, jenis layanan, ketepatan layanan.

"Serta perilaku kita saat memberikan layanan itu semua dimasukan dalam kuisioner sebagai item-item yang diminta tanggapannya dari responden yang sudah ditetapkan," bebernya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019