Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo akan mendukung pengembangan Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMG) sebagai kampus daerah.

Rektor UMG, Profesor Nelson Pomalingo, Rabu, mengatakan, program universitas tersebut baik jangka pendek, menengah maupun panjang membutuhkan bantuan dari pemerintah.

Khususnya dari aspek anggaran yang diharapkan akan mempercepat pembangunan sarana dan prasarana universitas ini, seperti pembangunan kantor pusat, ruang kuliah, laboratorium dan lain-lain.

Dia mengakui, bantuan pemerintah daerah yang cukup banyak selama ini, sangat membantu pengembangan universitas tersebut sehingga diharapkan, perhatiannya akan tetap berlangsung khususnya untuk peningkatan infrastruktur penunjang.

Sementara itu, bupati David Bobihoe Akib, mengatakan, pemerintah daerah sangat mengapresiasi keberadaan UMG di kabupaten tersebut, sehingga akan mendukung sepenuhnya seluruh program yang digagas oleh pihak universitas.

Sesuai kebijakan pemerintah daerah di bidang pendidikan, maka misi "Kabupaten Cerdas 2015" diharapkan dapat terwujud seiring bertambahnya perguruan tinggi di daerah ini.

Makanya diperlukan langkah nyata dari seluruh pihak untuk mendukung kemajuan perguruan tinggi tersebut.

"Kualitas sumber daya manusia perguruan tinggi, pemerintah daerah, dan masyarakat harus mampu bersinergi secara aktif," ungkap Bupati.

Sebab ketiga komponen ini memiliki peran penting dalam upaya meningkatkan kualitas generasi di masa yang akan datang.

  " Kunci utama mencapai misi Kabupaten Cerdas adalah adanya hubungan yang harmonis antara ketiga komponen tersebut sebab menjadi modal penting dalam membangun, memandirikan dan mensejahterakan daerah.

Pada tahun anggaran 2013 ini, pemerintah daerah akan merealisasikan bantuan untuk UMG, yaitu pembangunan akses jalan menuju kampus.

Pewarta: Oleh Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013