Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Wakil Bupati (Wabup) Gorontalo Utara, Roni Imran, memastikan wilayah Ponelo Kepulauan di wilayah itu segera menikmati penerangan listrik di penghujung bulan Juli 2014.

Wagub Roni Imran mengatakan usai mengunjungi lokasi pembangunan tower jaringan di wilayah Pelabuhan Kwandang, didampingi Kepala Dinas Kehutanan Pertambangan dan Energi (Dishuttamben), Hasan Hiola, Jumat.

Wabup Roni Imran menjelaskan, ada dua tower jaringan yang akan dibangun dan ditempatkan di wilayah Pelabuhan Kwandang dan Desa Palima, Kecamatan Ponelo Kepulauan, yang akan memasok kebutuhan sambungan listrik seluruh rumah penduduk di kepulauan berpenghuni empat ribu jiwa tersebut.

Pembangunan tower listrik ini bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) 2014, dengan total anggaran mencapai Rp1,4 miliar.

Namun realisasi awal tower tersebut, pemerintah daerah mendapatkan bantuan dana dari pemerintah provinsi Gorontalo, melalui dana sharing sehingga rencananya Gubernur Rusli Habibie akan menyerahkan langsung sebelum resmi dimanfaatkan untuk kepentingan penerangan masyarakat.

"Kami optimistis, sebelum hari raya Idul Fitri nanti seluruh rumah penduduk di wilayah Ponelo Kepulauan sudah akan menikmati aliran listrik," ujar Wabup Roni Imran.

Sementera itu, Kepala Dishuttamben Hasan Hiola mengatakan, pengerjaan proyek sambungan listrik di wilayah kepulauan tersebut merupakan salah satu program unggulan pemerintah daerah tahun 2014.

Sehingga percepatan pembangunannya menjadi prioritas, apalagi pemerintah daerah telah menjanjikan kepada masyarakat setempat akan menikmati hari raya Idul Fitri dengan sambungan listrik baru.

"Saya telah meminta kepada pihak rekanan untuk mempercepat waktu pengerjaan agar program penerangan ini segera dinikmati masyarakat," ujarnya.

Pemerintah daerah juga akan menyalurkan bantuan pembangunan satu unit Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkekuatan 15 kilo watt di wilayah Kepulauan Dudepo, Dusun Pasir Putih.

Program penerangan gratis ini, akan memenuhi kebutuhan 90 rumah di kepulauan yang terletak di Kecamatan Anggrek tersebut.

"Memang bantuan dari Kementerian ESDM tahun ini, belum mampu memenuhi kebutuhan 500 Kepala keluarga di pulau ini, namun pemerintah daerah memastikan akan memenuhi kebutuhan penerangan masyarakat secara bertahap," ujar Hasan. 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014