Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan jika dengan diresmikannya bendungan irigasi di Kecamatan Pinogu dapat meningkatkan produksi pertanian di daerah itu.

"Sektor pertanian menjadi tujuan utama dari pembangunan irigasi ini, dan kita melihat potensi dari Kecamatan Pinogu luar biasa," ujar Hamim usai meresmikan irigasi Pinogu, Sabtu.

Ia menjelaskan jika Kecamatan Pinogu berada di tengah-tengah Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW), memiliki sumber air yang melimpah namun belum termanfaatkan dengan baik.

"Oleh karena itu dengan adanya irigasi ini, kita berharap peningkatan produktivitas sektor pertanian seperti padi, jagung dan kopi," ucapnya.

Dengan begitu kata Hamim, Kecamatan Pinogu dapat berkontribusi pada peningkatan hasil pertanian Kabupaten Bone Bolango dan Provinsi Gorontalo.

"Dengan melimpahnya air alam seperti ini, kita berharap dalam satu tahun bisa tiga kali musim tanam. Bendungan irigasi ini sendiri berpotensi mengairi 2.000 hektare lahan," kata dia, lagi.

Ia menambahkan, dengan bertambahnya hasil pertanian, contohnya padi di daerah itu, maka dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.***1***

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019