Warga di Kecamatan Ponelo Kepulauan, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, berharap permasalahan sampah di wilayah itu menjadi urusan prioritas pemerintah daerah.

"Saat musim angin barat ini, pulau Ponelo dipenuhi sampah kiriman yang jumlahnya sangat banyak dan cukup meresahkan," ujar Femmi, warga Ponelo, Jumat.

Menurutnya, penanganan sampah di pulau itu perlu disikapi secara khusus dan diharapkan menjadi prioritas.

"Ponelo merupakan pulau berpenghuni yang juga banyak didatangi wisatawan nusantara maupun manca negara, maka persoalan sampah diharapkan menjadi perhatian utama pemerintah daerah," ujarnya.

Ia berharap, pemerintah daerah bisa menyiapkan fasilitas pembuangan sampah agar sampah-sampah yang memenuhi pesisir pulau ini bisa ditangani atau dikelola langsung masyarakat.

"Yang penting ada sarana pembuangan sampah memadai, masyarakat pasti digerakkan untuk bergotong royong membersihkan sampah-sampah kiriman tersebut," ungkap Femmi.

Sementara itu, Eman warga lainnya mengaku resah dengan banyaknya sampah di pesisir Ponelo. 

Apalagi sampah-sampah kiriman tidak hanya dalam bentuk daun kering dan batang kayu, namun ada juga sampah medis seperti botol infus, juga popok dan pembalut.

"Kami berharap sampah-sampah ini bisa teratasi secepatnya sebab sangat berdampak pada kesehatan warga dan kebersihan pulau serta cukup mengganggu aktivitas juru mudi taksi laut yang akan memarkirkan perahunya," ujar Eman.

Camat Ponelo Kepulauan, Harsono Rahman mengaku, telah mengajukan permintaan sarana prasarana untuk mengatasi sampah di wilayah itu.

"Kami berharap, tahun ini bisa mendapatkan bantuan fasilitas pengolahan sampah dari pemerintah daerah mengingat produksi sampah di pulau ini kebanyakan kiriman dan belum bisa diatasi akibat tidak adanya fasilitas pengolahan sampah yang memadai," ujarnya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019