Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan perlu ada integrasi integrasi dari program pemerintah kabupaten (Pemkab) dengan program-program di desa, untuk mendukung desa tumbuh daerah maju.

Sebagai pelaksana dalam tugas-tugas pemerintahan, Bupati mengharapkan aparat harus paham juga tentang etika pemerintahan, khususnya dalam menjalankan program pemerintahan.

Hal utama lainnya, ia meminta kepada seluruh aparat desa, khususnya aparat desa yang ada di Kecamatan Botupingge, harus menjadi corong maupun penyampai berbagai program pemerintah ke masyarakatnya.

Sementara itu, terkait dengan dana desa, Hamim meminta kepada Kepala Desa (Kades), terutama bendahara maupun pengelolanya harus berhati-hati.

Dana Desa tidak boleh ada yang dikorupsi dan disalahgunakan. Apalagi dana desa di Kecamatan Botupingge tahun 2019 ini hampir Rp7 miliar.

Di sisi lain, Bupati Hamim Pou mengakui, secara keseluruhan perangkat pemerintahan di Kecamatan Botupingge sudah tahu visi-misi dan prioritas daerah.

Jadi kalau kita ingin buat sesuatu itu, harus terarah terutama bagaimana layanan infrastruktur tambah bagus.

Kemudian bagaimana pelayanan kita kepada masyarakat makin baik, bagaimana jumlah rakyat miskin turun, bagaimana SDM-nya semakin bagus, dan bagaimana terciptanya lapangan kerja.

"Itu indikator-indikator sederhana untuk mengukur kinerja sebuah pemerintah atau daerah," ungkap Hamim. (*/adv)

Pewarta: Humas

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019