Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten/Provinsi Gorontalo, menerima tambahan bantuan sebanyak 700 unit rumah layak huni dari Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) RI.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gorontalo, Romy Sjahrain, Senin, mengatakan, pada kunjungan Deputi Kemenpera RI di Kecamatan Biluhu (15/8), telah diserahkan tambahan bantuan rumah tersebut secara simbolis, serta peresmian realisasi sebanyak 352 unit rumah layak huni kepada keluarga miskin.

"Tidak hanya menyerahkan bantuan rumah, Kemenpera juga memberikan penghargaan kepada pemkab yang dinilai berhasil dalam merealisasikan bantuan tersebut, sehingga dinilai tuntas dari desa, kecamatan dan kabupaten," ujar Romy.

Sehingga kabupaten ini mendapatkan tambahan bantuan rumah layak huni sebanyak 700 unit, yang akan dialokasikan di Kecamatan Limboto.

Total bantuan rumah layak huni yang akan direalisasikan tahun 2014, mencapai 1.112 unit, tersebar di Kecamatan Biluhu 352 unit, Batudaa 60 unit dan Limboto 700 unit.

Menurutnya, sejak dicanangkan program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS), harapan realisasi tuntas desa, kecamatan dan kabupaten mampu dicapai.

Di antaranya, mampu menuntaskan pembangunan bantuan rumah di 53 desa yang tersebar di 5 kecamatan atau meningkat dari tahun 2012 yang baru mencapai 35 desa tersebar di 3 kecamatan, masing-masing 16 desa di Kecamatan Tibawa, 10 desa di Kecamatan Limboto Barat dan 9 desa di Kecamatan Telaga.

Kemudian dilanjutkan tahun 2013 dengan menyebarkan bantuan rumah layak huni di 18 desa tersebar di Kecamatan Bilato sebanyak 10 unit dan 8 unit dibangun di Kecamatan Batudaa.

Capaian-capaian ini, kata Romy, merupakan upaya pemerintah daerah yang menjalankan program pembangunan menyentuh kepentingan masyarakat secara langsung dan nyata dirasakan, sebagai kepedulian dan komitmen dalam pemerataan pembangunan di seluruh wilayah.

"Termasuk membuka wilayah yang masih terisolasi untuk menggejar ketertinggalan pembangunan," ujarnya.

Masyarakat penerima bantuan dana BSPS pun diharapkan mampu memanfaatkannya sesuai tujuan, untuk mewujudkan perumahan layak huni yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan keluarga-keluarga penerima di daerah ini.

Ia menambahkan, bantuan rumah layak huni dalam bentuk dana, akan diberikan langsung kepada penerima melalui rekening masing-masing senilai Rp7,5 juta per rumah tangga.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014