Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Bupati Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, David Bobihoe Akib, meminta seluruh pengelola koperasi di daerah itu agar mampu menguntungkan dan meningkatkan kepedulian terhadap para anggotanya.

"Koperasi harus menguntungkan anggotanya, sebab laba atau keuntungan yang diperoleh mayoritas dihasilkan dari pengembalian pinjaman anggota," ujar bupati pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Koperasi ke-67 tingkat kabupaten.

Menurut dia, Dinas Koperasi Usaha Menengah Kecil Masyarakat (UMKM) kabupaten tersebut juga harus proaktif menyampaikan laporan terkait kepedulian koperasi kepada anggotanya maupun program-program yang berhasil dijalankan, sebelum pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT).

"Saya minta laporan terkait pengelolaan koperasi maupun apa yang sudah dilakukan terhadap anggotanya, menyangkut kepedulian terhadap peningkatan kesejahteraan anggota khususnya pelaku usaha kecil yang banyak menggantungkan modal usahanya terhadap produk pinjaman koperasi," ujar bupati.

Di samping itu, ia meminta agar dinas tersebut proaktif mendata koperasi yang andil menjalankan program pemberdayaan masyarakat khususnya anggotanya.

"Jika ada koperasi yang tidak mampu mendorong peningkatan kesejahteraan maupun melaksanakan program pemberdayaan maka perizinannya layak ditinjau ulang," ujar bupati.

Sikap tegas tersebut dilakukannya, agar kehadiran koperasi benar-benar menguntungkan anggotanya, sehingga mereka bisa memanfaatkan pinjaman untuk meningkatkan modal usaha ataupun menjangkitkan usahanya yang telah berkembang, terhadap orang lain maupun pelaku usaha kecil yang ada di sekitarnya.

Selain menyerahkan penghargaan kepada sejumlah koperasi berprestasi, bupati menyerahkan santunan kepada anak-anak panti asuhan dan menyerahkan bantuan gerobak dorong dari Kementerian Koperasi dan UMKM RI, kepada pedagang kecil di daerah ini. 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014