Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Provinsi Sulawesi Utara, mengakui ketertarikan model pelayanan modern diterapkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo..

Hal ini terungkap saat kunjungan kerja Pemkab Bolmut ke Kabupaten Bone Bolango, dalam rangka studi banding tentang sistem pelayanan langsung kepada masyarakat, Kamis.

Rombongan studi banding tersebut berjumlah 4 orang dan dipimpin Kepala Disdukcapil Kabupaten Bolmut, dan diterima oleh Kepala Disdukcapil Kabupaten Bone Bolango, Musa Jassin.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Perkembangan Proyeksi Penduduk Disdukcapil Kabupaten Bone Bolango Budiyanto Sahabu mengatakan, saat menerima kunjungan tersebut pihaknya menjelaskan dengan rinci soal maksud dan tujuan pelayanan langsung.

"Model pelayanan yang lebih dikenal sebagai pelayanan modern ini, mempermudah masyarakat dalam pengurusan dokumen kependudukan dengan dilengkapi fasilitasi ruang tunggu full AC, serta digital antrian video visual sehingga masyarakat merasa nyaman dan dapat mengantri dengan baik," kata Budiyanto.

Budiyanto menambahkan, sesuai dengan standar operasional pelayanan, proses dokumen kependudukan dari verifikasi, pendaftaran penduduk sampai pada penerbitan dokumen kependudukan hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk persyaratan lengkap.

Pelayanan itu juga kata Budiyanto, mengacu kepada lima perintah harian Bupati Bone Bolango Hamim Pou dan lima budaya kerja yakni pelayanan cepat, mudah, ramah, bernilai, dan beradab.

"Serta disertai dengan motto Senyum, Sapa, Salam, Asah, Asih, dan Asuh," ujar Budiyanto.

Berdasarkan informasi yang diperoleh pihaknya, kata Budiyanto, kedatangan Disdukcapil Bolmut ke Bone Bolango termotivasi oleh informasi yang diperoleh mereka dari tim monitoring dan evaluasi Kementerian Dalam Negeri.

Pewarta: Wahiyudin Mamonto

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014