Zakat, infak dan sedekah yang terkumpul dari Tunjangan Hari Raya (THR) Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo mencapai Rp380 juta.

Bupati Bone Bolango Hami Pou di Gorontalo, Kamis, mengatakan zakat, infak dan sedekah terbanyak berasal dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sebesar Rp124,6 juta.

"Hasil setoran dari THR ASN ini akan bagikan kepada mereka yang berhak menerima. Jadi para ASN sendiri yang akan menyerahkan," ujarnya.

Ia mengaku penyerahan jika hasil zakat, infak dan sedekah itu akan dilakukan dalam upacara dan diberikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

Karena itu, Hamim menyarankan kepada Baznas Bone Bolango agar pekan depan penyerahan zakat, infak, sedekah dari THR ASN tersebut bisa dilaksanakan.

"Akan kami serahkan pada apel kerja biar disaksikan oleh seluruh ASN sehingga mereka tahu kemana disalurkan," kata dia, lagi.

Pada tahun 2019 ini Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, mencairkan Tunjangan Hari Raya bagi Aparatur Sipil Negara senilai Rp15,5 miliar.

Menurut Hamim Pou pencairan THR memiliki potensi zakat yang luar biasa dan telah mengimbau ASN untuk menyisihkan dan memberikan zakat bagi yang berhak menerimanya.

Ia meminta agar ASN menyisihkan dan menunaikan zakat infak dan sedekah sebesar 2,5 persen.


 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019