Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Bunda PAUD Provinsi Gorontalo Idah Syahidah mengajak semua orang tua serta guru TK dan tenaga pendidik PAUD untuk membangkitkan kembali tradisi mendongeng kepada anak.

"Orang tua dahulu di Gorontalo senang mendongeng untuk anak-anaknya, kebiasaan ini harus dibangkitkan lagi, karena manfaatnya besar bagi pertumbuhan anak," katanya dalam pelatihan mendongeng bagi guru PAUD yang diselenggarakan Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo, Rabu.

Ia merasa prihatin dengan kondisi sekarang ini, karena mendongeng kepada anak-anak kurang populer dan dianggap sepele, namun orang tua cenderung membiarkan anak-anaknya menghabiskan waktunya untuk main gadget.

"Kegiatan mendongeng bagi orang tua dan anak dapat mempererat ikatan dan komunikasi yang terjalin antara orang tua dan anak. Selain itu perbendaharaan kata anak akan semakin kaya," jelasnya.

Salah satu metode yang dapat digunakan dalam membentuk karakter anak adalah mendongeng, karena mengajak anak untuk berimajinasi.

Dengan daya imajinasi yang sangat kuat ini, maka orang tua dan tenaga pendidik akan lebih mudah mengarahkan anak ke hal positif.

Selain itu, dongeng juga dapat meningkatkan minat baca serta membangkitkan kecerdasan emosional anak sehingga dapat berempati pada lingkungan di sekitarnya.

Ia mengajak para guru yang merupakan pengganti orang tua di sekolah untuk tidak pernah putus asa, banyak belajar, bertanya, mencoba, serta melakukan evaluasi serta memiliki moralitas utama sebagai pendidik yaitu cinta kasih kepada anak didik.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014