Pemerintah Kabupaten Bone Bolango menerima bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berupa mobil penanggulangan bencana jenis bak terbuka.

Mobil bantuan penanggulangan bencana dari BNPB tersebut, diserahkan Bupati Bone Bolango Hamim Pou kepada Sekretaris BPBD Bone Bolango Usman Yunus.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou di Gorontalo, Selasa, mengatakan, disamping mendapatkan mobil bantuan penanggulangan bencana L300, pihaknya akan mendapatkan sumbangan ruang kontrol yang berfungsi untuk memantau keadaan seluruh wilayah Kabupaten Bone Bolango dan sekitarnya.

"Ruang kontrol ini, sistemnya daring dan menggunakan komputer, sehingga kita bisa meminimalisir terjadinya bencana. Apakah ada yang jadi korban, terjadi kerusakan rumah ataupun fasilitas umum lainnya," ucapnya.

Karena itu, lanjut dia, pihaknya patut bersyukur karena kalau dihitung mobil bantuan penanggulangan bencana L300 dan ruang kontrol tersebut nilainya sekitar Rp2 miliar yang disumbangkan oleh Pemerintah Pusat melalui BNPB ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Ia pun berharap ruang kontrolsumbangan dari BNPB tersebut didekatkan dengan Smart City-nya Bone Bolango maupun ruang Cemerlang Command Center (CCC) Bone Bolango yang ada di Kantor Bupati Bone Bolango.

"Dengan harapan bisa saling memanfaatkan dan memadupadankan informasi dari CCC Bone Bolango maupun dari ruang kontrol BPBD Bone Bolango," tambahnya.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019