Aparat kelurahan Kayu Merah Kabupaten Gorontalo dan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) meluncurkan gerai tukar sampah yang dapat ditukarkan dengan sejumlah bahan kebutuhan pokok.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo di Gorontalo, Minggu, mengatakan gerai tukar sampah hasil kolaborasi aparat kelurahan dan mahasiswa KKN dari berbagai universitas tersebut sangat luar biasa dan patut diapresiasi.

"Orang yang ingin bekerja sama itu adalah pemenang dan merupakan inspirasi yang sangat besar manfaatnya bagi masyarakat dan pemerintah, kaca kunci kolaborasi," ujar Nelson.

Nelson menambahkan, bicara lingkungan tidak hanya terkait dengan ekologi, namun juga ekonomi dan melalui program tersebut maka sampah akan bernilai.

"Saya berharap model ini dapat diadopsi oleh wilayah lain di Kabupaten Gorontalo. Kalau sampah dapat dimanfaatkan dan diolah dengan baik, maka dapat mengurangi dan penyebaran penyakit. Yang ada hanya keindahan dan lingkungan akan menjadi hijau serta masyarakat sekitar akan sehat," ujarnya.

Ia menilai gerakan bank sampah maupun gerai sampah sangat bermanfaat. Bukan saja untuk kepentingan program kerja mahasiswa tapi kepentingan masyarakat.

Pembukaan gerai tukar sampah tersebut dilakukan untuk mengurangi kebiasaan buang sampah sembarangan, baik di lingkungan masyarakat maupun ke sungai Biyonga.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019