Stasiun Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (SKIPM) Gorontalo bersama masyarakat melakukan aksi bersihkan pantai Dulanga, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Kepala SKIPM Gorontalo, Hamzah di Gorontalo, Rabu, mengatakan hal itu dilakukan dalam rangka memperingati Bulan Bakti Karantina Ikan dan Mutu Hasil Perikanan.

"Ini merupakan salah satu kegiatan rutin kami dalam rangka menjaga kebersihan, kelestarian serta ekosistem laut agar bersih dari sampah, apalagi sampah plastik," ujar Hamzah.

Ia menjelaskan pada Bulan Bakti tahun ini pihaknya ingin membangun kesadaran akan pentingnya perkarantinaan ikan, pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan.

"Kami dari SKIPM terus berkomitmen untuk menjaga laut, semoga dengan kegiatan ini kami bisa turut berperan," kata Hamzah.

Hamzah mengatakan tema Bulan Bakti pada tahun 2019 ini yaitu "Melalui Gerakan Masyarakat Sadar Mutu dan Karantina Ikan (Gemasatukata) Kita Wujudkan Pemanfaatan Sumber Daya Ikan yang Lestari dan Berkelanjutan".

"Sebelumnya kami juga telah melakukan berbagai kegiatan, seperti donor darah, pemeriksaan kesehatan gratis dan SKIPM Goes To School, katanya.

Selain itu sosialisasi Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomot 09 Tahun 2019 tentang instalasi karantina ikan, Peraturan Menteri KKP Nomor 56 Tahun 2016 tentang larangan penangkapan dan peredaran lobster, kepiting dan rajungan.
 
"Serta sosialiasi dan monitoring kesehatan ikan, mutu dan keamanan hasil perikanan di pasar tradisional sebagai implementasi inpres 01 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat," ujarnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019