Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, menargetkan peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) melalui kerja sama investasi.

Hal itu disampaikan Bupati Indra Yasin, di Gorontalo, Rabu, usai Rapat Paripurna Peraturan Daerah tentang Laporan Pertanggungjawaban Pengelolaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018.

Dihadiri Ketua DPRD Nurjanah Yusuf, jajaran pemerintahan daerah, unsur forum koordinasi pimpinan daerah, serta para anggota DPRD setempat.

Ia mengatakan, baru 44 persen pengelolaan sumber PAD di daerah itu.

Artinya kata dia, masih menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah daerah untuk menggali potensi PAD agar benar-benar terkelola dengan maksimal.

Langkah paling tepat kata Bupati Indra, yaitu membuka kerja sama investasi seluas-luasnya.

Dengan catatan, investasi harus mampu memajukan daerah, melalui peningkatan PAD.

"Di antaranya melalui pajak, sebagai salah satu sumber PAD," ucapnya.

Ia berharap, target pengelolaan sumber daya di daerah itu yang akan bermuara pada peningkatan PAD, akan terealisasi melalui kerja sama investasi.

Selain memperkuat regulasi tambahnya, pemerintah daerah menggenjot seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk merancang peraturan terkait kerja sama investasi, dalam rangka melancarkan program investasi serta menggali sumber-sumber PAD yang belum dikelola maksimal.

"Regulasi penting dibuat agar PAD kita legal alias halal untuk memajukan daerah dan menyejahterakan masyarakat," tutur  Indra.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019