Pemerintah Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo mengapresiasi bantuan karpet untuk 300 masjid di daerah itu dari Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

"Kami sangat berterima kasih kepada Pak Gubernur Sulut karena perhatian besarnya beliau hingga ke Kabupaten Boalemo, khususnya bantuan ke sejumlah masjid," kata Bupati Boalemo Darwis Moridu di Gorontalo. 

Bantuan karpet untuk masjid berjumlah 1.100 lembar dengan anggaran sekitar Rp500 juta itu, akan disalurkan kepada 300 masjid.

Moridu yang diusung PDI Perjuangan menjadi Bupati Boalemo itu, memberikan apresiasi atas sikap toleransi dan penghargaan atas nilai-nilai keragaman yang ditunjukkan Gubernur Sulut Dondokabey hingga daerah tetangga di Provinsi Gorontalo.

Selain itu, ujar dia, warga suku dan etnis Minahasa, Sangihe Talaud, dan Bolaang Mongondow cukup banyak yang tinggal di Kabupaten Boalemo.

Pemkab Boalemo menyatakan kesiapan memfasilitasi berbagai kebutuhan warga dari Sulawesi Utara yang mendiami daerah itu, terutama untuk menyinergikan setiap program sosial kemasyarakatan.

Seorang warga setempat, Iwan, mengapresiasi sinergi yang dibangun Gubernur Sulut dan Bupati Boalemo, terutama dalam membangun kebersamaan bidang sosial, sehingga tidak menutup kemungkinan berkembang dalam kerja sama bidang ekonomi dan lainnya.

"Pemkab Boalemo segera membuka konektivitas dengan Sulut, karena daerah itu merupakan pintu gerbang Asia Pasifik, dengan banyak kemajuan di sektor perekonomian," kata dia.

Ia menilai dua pemda itu bisa menyinergikan pengelolaan hasil-hasil pertanian serta perikanan dan kelautan dengan memanfaatkan pelabuhan internasional Bitung di Sulut, kemudian membuka konektivitas pariwisata karena informasi banyak wisatawan China yang masuk Sulut.

"Ini momentum yang besar untuk dikembangkan dengan Gubernur Sulut, yang juga beliau memiliki hubungan sangat penting dengan pemerintah pusat," kata dia.
 

Pewarta: Hence Paat

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019