Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Gorontalo Idah Syahidah, Selasa, mendorong para pengrajin khususnya yang ada di Kabupaten Pohuwato, untuk melakukan diversifikasi produk kerajinan yang dihasilkan.

Idah mendukung adanya Pelatihan Diversifikasi Produk, yang digelar oleh Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Gorontalo, di hotel Golden Sri Pohuwato.

Menurutnya pelaku UMKM di Provinsi Gorontalo sangat beragam dan sebagian besar dikelola kaum perempuan.

Dia berharap melalui pelatihan diversifikasj, pengrajin dapat menambah wawasan sehingga lebih kreatif, inovatif dan berkualitas serta hasil produknya bernilai jual tinggi.

“Pada dasarnya perempuan itu harus melakukan semuanya. Perempuan itu harus berinformasi,harus cermat, harus cerdas dan harus hemat, apalagi ibu-ibu tentu saja harus lebih kreatif," ungkap Idah.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo ini juga menambahkan, berbagai produk yang dihasilkan bisa memperoleh perhatian penuh dari pemerintah daerah selama produk tersebut sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Dia menilai kedudukan sektor kerajinan sangat penting dan strategis untuk kemajuan ekonomi rakyat.

“Mengingat perannya yang penting dan strategis, serta potensinya yang sangat besar maka kerajinan produk seperti ini perlu digali, dilestarikan, dibina dan didorong pertumbuhan serta perkembangannya," tambahnya.

Selain itu segala upaya tersebut dilakukan untuk mensejahterakan pengrajin di Gorontalo.

Pelatihan diversifikasi produk kerajinan daerah diikuti 25 peserta, dengan jenis produk olahan makanan, kreasi bunga, kipas, dan asbak.**

 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019