Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango prioritaskan penanganan kependudukan di daerah, guna mengantisipasi ledakan penduduk di kemudian hari.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou, Rabu, mengatakan, persoalan kependudukan merupakan hal yang sangat urgen dan penting, untuk dipahami demi kebaikan bersama.

Masalah kependudukan adalah hal yang pelik, sebab bila tidak diatur dan dikendalikan, maka sudah bisa dipastikan bahwa ledakan penduduk bakal terjadi.

Kalau penduduk tidak dikendalikan dan angka kelahirannya tidak diatur lanjut Hamim, maka hal itu sudah tentu akan berpengaruh terhadap peningkatan beban masyarakat.

"Terutama kepada mereka masyarakat Rumah Tangga Miskin," ujar Hamim.

Oleh karena itu, kata Hamim, koalisi kependudukan di Kabupaten Bone Bolango diminta untuk segera bergerak, sementara dukungan anggaran pasti akan di bantu oleh pemerintah daerah.

Anggaran bantuan tersebut kata Hamim, terutama untuk biaya-biaya penelitian maupun survei, dengan mekanisme tertentu yang harus dilakukan oleh para pengurus koailisi kependudukan.

"Bahan-bahan penelitian semua dikumpulkan nanti, dan semoga menjadi bahan pertimbangan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango dalam rangka pengambilan kebijakan pada tahun anggaran 2015 mendatang," ujar Hamim.

Pewarta: Wahiyudin Mamonto

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014