Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Gorontalo membuka dan membangun akses jalan usaha pertanian di beberapa desa yang ada di Kabupaten Gorontalo.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Provinsi Gorontalo Yuliana Rivai di Gorontalo, Kamis menyatakan pihaknya meninjau sejumlah pekerjaan jalan usaha tani, yang saat ini sementara dalam proses pekerjaan di Kabupaten Gorontalo.

“Pembangunan jalan akses pertanian berada di Desa Ulapato A, Desa Ulapato B dan terakhir yang berada di Desa Botumoputi,” katanya.

Pihaknya juga berupaya mencari solusi kendala-kendala yang ada saat proses pekerjaan di lokasi tersebut.

"Kamj juga mau melihat apakah ada permasalahan atau yang perlu diperbaiki agar pekerjaannya cepat selesai sesuai target," ujarnya.

Menurutnya sejumlah pekerjaan jalan usaha tani yang berada di Kabupaten Gorontalo itu menggunakan APBD yang berada pada dinas PUPR Provinsi Gorontalo.

Jalan pertanian di Desa Ulapato A memiliki panjang 1.015 meter, lebar lima meter dengan anggaran sebesar Rp210 juta, pekerjaan jalan usaha tani desa Ulapato B panjang 527 meter dan lebar lima meter dengan anggaran sebesar Rp223 juta.

Sedangkan untuk pekerjaan jalan usaha tani di Desa Botumoputi dikerjakan dengan swakelola, panjang jalan yang dikerjakan 2.600 meter dan lebar lima meter dengan anggaran sebesar Rp1 Miliar

Kepala Dinas PUPR Provinsi Gorontalo Handoyo Sugiharto, berharap dengan dibukanya beberapa ruas jalan usaha tani tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat yang ada di perdesaan.

“Semoga dengan adanya pembukaan jalan usaha pertanian ini, petani bisa dengan mudah memasarkab hasil pertaniannya ke luar," ujarnya.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019