Korem 133/Nani Wartabone bekerjasama dengan Basarnas, BPBD Provinsi Gorontalo dan kabupaten, Kota serta instansi terkait menggelar latihan terpadu penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang di Gorontalo, Kamis, mengatakan latihan ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapan para prajurit.

"Ini dilakukan agar senantiasa siap sedia melaksanakan tugas penanggulangan bencana alam. Bagaimanapun juga, di masa damai seperti sekarang ini, tugas-tugas prajurit TNI cenderung mengarah pada operasi militer selain perang, salah satunya adalah penanggulangan bencana alam," ujarnya.

Sebagai sub-kompartemen strategis dari Kodam XIII/Merdeka, Korem 133/Nani Wartabone tentunya memiliki tugas pokok menyelenggarakan pembinaan kemampuan, kekuatan dan gelar kekuatan serta pembinaan teritorial untuk mendukung tugas pokok Kodam.

Tema latihan kali ini adalah 'Satgas TNI Kodam XIII/Merdeka Membantu Penanggulangan Akibat Bencana Alam di Gorontalo dalam rangka mendukung Tugas Pokok TNI'.

"Latihan ini akan difokuskan pada aplikasi teknik, prosedur dan mekanisme permintaan dan pemberian bantuan kepada pemerintah daerah secara efektif dan efisien," kata dia, lagi.

Pangdam menambahkan, agar pelaksanaan latihan dapat berjalan dengan baik dan lancar serta mencapai hasil yang optimal, jalankan latihan sesuai metode latihan yang baik dan benar serta bersungguh-sungguh, libatkan satuan atau instansi terkait yang berada di wilayah sesuai dengan kebutuhan.

"Kepada penyelenggara, laksanakan mekanisme latihan ini sesuai dengan prinsip-prinsip penyelenggaraan latihan yang benar serta perhatikan faktor keamanan," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019