Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kota (Pemkot) akan membantu warga yang terkena dampak bencana kekeringan, menyusul sejak 4 bulan terakhir ini kemarau panjang melanda sejumlah wilayah di daerah tersebut.

Kepala Dinas Tenaga kerja, Transmigrasi dan sosial Kota Gorontalo Nikson Rahman, Rabu, mengatakan, sejumlah wilayah pada 6 kecamatan di daerah ini mulai diterjang kemarau panjang, menyebabkan areal pertanian dan perkebunan warga mulai kering.

"Sebagian besar areal pertanian dan perkebunan warga Kota Gorontalo tidak dapat ditanami lagi," kata Nikson.

Dia menjelaskan, kemarau yang terjadi di daerah ini selain berdampak mulai keringnya areal pertanian dan perkebunan, juga berimbas mulai dangkalnya danau Limboto sehingga ratusan nelayan tambak tidak dapat beraktivitas.

Dia menjelaskan, untuk mengantisipasi bencana kekeringan tersebut, maka Pemerintah Kota Gorontalo dalam waktu dekat akan membantu warga terutama yang ada di wilayah pegunungan dan pesisir danau.

"Dalam waktu dekat ini bantuan yang bisa diberikan adalah beras serta air bersih, untuk warga yang tidak mampu," kata Nikson.

Dia mengungkapkan, pihaknya telah meminta agar para kepala Kelurahan yang wilayahnya terkena bencana kekeringan sangat parah, untuk segera membuat daftar warga yang berhak menerima bantuan.

Diperkirakan sekitar 2.000 Kepala Keluarga (KK) di sejumah kecamatan akan segera mebantu bantuan beras dan air bersih, namun pihak Dinas masih tetap menunggu dan berkoordinasi dengan instansi teknis lainnya.*

Pewarta: M.Fachry Said

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014