Anggota  DPRD Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo Matran Lasunte mengatakan seluruh pulau dalam wilayah teritorial daerah itu segera disertifikasi.

"Sertifikasi pulau sangat penting, untuk memudahkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) menarik investor bonafit yang akan membenamkan modalnya," ujarnya di Gorontalo, Senin,

Jika pemerintah daerah serius mengandalkan pariwisata sebagai sektor unggulan yang akan memajukan daerah dari sisi potensi penerimaan untuk pendapatan asli daerah (PAD), kata dia, selaku anggota DPRD yang tergabung dalam Fraksi Para Bintang (koalisi partai PPP, Gerindra, PKS dan Hanura), sertifikasi pulau-pulau yang dimiliki adalah langkah tepat dan diyakini mudah memagnit investor mengembangkan industri pariwisata di daerah itu.

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang telah dua periode duduk sebagai anggota DPRD itu, mengatakan, penguasaan pulau sepenuhnya ada ditangan Pemkab, bukan investor ataupun individual warga.

Namun, katanya,  untuk menarik investor yang akan mengembangkan industri pariwisata di daerah ini, Pemkab harus segera mengurus sertifikasi seluruh pulau yang dimiliki, baik pulau berpenghuni, tidak berpenghuni, pulau terkecil bahkan terluar yang masih ada di wilayah teritorial kabupaten ini.

Matran optimis jika seluruh pulau telah tersertifikasi maka investasi di sektor pariwisata mengandalkan pulau-pulau cantik yang dimiliki, akan semakin mudah.

"Pemkab akan mudah membangun kerja sama dan para investor pun tidak ragu membenamkan modalnya mengembangkan pariwisata bahari di daerah ini," ujarnya.

DPRD berharap kata dia, tahun anggaran 2020 nanti, Pemkab menyiapkan alokasi anggaran untuk proses sertifikasi pulau-pulau yang dimiliki.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019