Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) definitifGorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, resmi mengucap sumpah dan janji melalui rapat paripurna istimewa, di ruang sidang kantor DPRD setempat, Senin.

Ketua DPRD Djafar Ismail, Wakil Ketua I dari Fraksi Partai Nasdem, Roni Imran dan Wakil Ketua II dari Fraksi Partai Golkar, Hamzah Sidik, diambil sumpah dan janjinya oleh Ketua Pengadilan Negeri Limboto.

Djafar, politikus PDI Perjuangan yang resmi menjadi Ketua DPRD dalam sambutannya menegaskan, jika DPRD akan memprioritaskan perjuangan lembaga itu untuk bersinergi dengan pemerintah daerah dalam memajukan daerah.

"Sebelum melaksanakan tugas dan mengemban jabatan sebagai pimpinan DPRD maupun sebagai anggota, kami telah mengucapkan sumpah dan janji, untuk bekerja dan bertindak sesuai keinginan, harapan dan mewujudkan mimpi-mimpi indah rakyat menjadi kenyataan," ujar Djafar.

Ia mengakui, DPRD akan melayani rakyat sepenuh hati, menjalankan fungsi kontrol sosial terhadap kebijakan pemerintah daerah, serta menjalankan fungsi penganggaran, legislasi dan pengawasan, yang menjadi pilar lembaga ini dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.

Khusus tiga pilar tersebut, Djafar menilainya sebagai hal yang urgen dalam mengevaluasi kinerja seluruh anggota DPRD.
Djafar pun meyakinkan, jika suara rakyat yang diaspirasikan di lembaga itu, maupun hasil jaring aspirasi, akan menjadi energi bagi seluruh anggota DPRD untuk memajukan kabupaten ini.

"Rakyat tak perlu sungkan menyampaikan aspirasinya di lembaga ini, sebab kantor DPRD harus menjadi rumah rakyat yang akan diisi dengan pikiran-pikiran cerdas, dengan beragam aktivitas baik oleh DPRD maupun masukan masyarakat dalam berbagai bentuk, baik melalui surat, unjuk rasa atau demonstrasi dari berbagai elemen masyarakat, yang akan disikapi dengan etos kerja," imbuhnya.

Rapat paripurna tersebut, dihadiri Bupati Indra Yasin, Wakil Bupati Thariq Modanggu, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), serta jajaran pemerintah daerah dari tingkat kabupaten hingga desa, termasuk masyarakat umum.
Ketua DPRD definitif Gorontalo Utara, Djafar Ismail, dari PDI Perjuangan, resmi mengucapkan sumpah dan janjinya. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019