Camat Biluhu, Saripuddin Abdurrahman mengatakan dalam empat tahun masa pemerintahan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, pembangunan di daerahnya mencapai Rp150 miliar.

"Perhatian Bupati Nelson Pomalingo untuk membangun mengubah wajah Kabupaten Gorontalo tak hanya di jantung ibu kota semata, tapi hingga ke daerah pesisir," ujarnya di Gorontalo, Minggu.

Ia mengaku untuk kegiatan pekerjaan fisik yang terbesar di seluruh desa se kecamatan Biluhu ada 32 program.

Antara lain, pembangunan rabat beton, jalan usaha tani, rehabilitasi sarana dan prasarana air bersih, pembangunan rumpon nelayan, pembangunan sarana pendidikan, pembangunan jamban keluarga, pembangunan PLTS.

Tak hanya itu, Saripuddin menambahkan, ada juga pembangunan drainase 551 meter, pembangunan perpipaan air bersih 210 unit, pembangunan bak sampah, pembangunan tanggul tani 100 meter, pembangunan pagar kantor 220 meter, pembangunan pengembangan dan pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan, trasportasi, informasi dan komunikasi.

"Selanjutnya pembangunan sanggar tani, pembangunan plat deker, pamsimas 6,000 meter, pembangunan sarana olah raga dan masih banyak lagi yang sudah dibangun di Kecamatan Biluhu ini," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyatakan, hampir selama empat tahun memimpin Kabupaten Gorontalo, pembangunan di Kecamatan Biluhu didorong menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), anggaran pemerintah provinsi maupun Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Seluruh anggaran tersebut digunakan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat delapan desa di Kecamatan Biluhu, seperti membangun infrastruktur jalan, infrastruktur desa, program dalam sektor perikanan, peternakan, pertanian, peningkatan pelayanan kesehatan, program UMKM hingga sarana prasana lainnya yang bisa mengembangkan kemajuan di kecamatan setempat.

"Selama empat tahun saya memimpin, di kecamatan ini sudah ada kurang lebih Rp150 miliar yang telah digunakan untuk membangun perekonomian masyarakat. Kalau dihitung, ada sekitar Rp30-40 miliar setiap tahunnya masuk di kecamatan ini," ujar Nelson.

Nelson menilai, pembangunan di Kecamatan Biluhu sudah sangat berkembang, terutama dalam menikmati infrastruktur jalannya yang sudah diperbaiki.

"Tahun 2020 kami akan telah menyusun RPJMD untuk pembangunan selanjutnya. Kami akan terus dorong ini agar seluruh kecamatan di Kabupaten Gorontalo terus berkembang dan sejahtera," pungkasnya.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019