Bupati Bone Bolango Hamim Pou terus memperhatikan pelayanan kesehatan di daerah itu, khususnya di beberapa pusat kesehatan masyarakat tersebar di wilayah itu.

Seperti kunjungan ke Puskesmas di Kecamatan Kabila akhir pekan lalu, apakah masyarakat benar-benar dapat pelayanan kesehatan secara baik dan optimal dari tenaga medis.

Kemudian memastikan pelayanan kesehatan tetap berjalan normal meski di hari libur.

"Kunjungan saya tidak musti harus diacarakan. Saya setiap ada kesempatan, ada waktu ingin memastikan bahwa pelayanan di Puskesmas berjalan dengan baik," kata mantan ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Gorontalo itu.

Menurutnya, Puskesmas merupakan layanan dasar masyarakat di tingkat paling bawah, itu harus dipastikan apakah berjalan baik atau tidak. 

Kemudian ketersediaan obat-obatannya cukup, petugas medisnya ada atau tidak, cepat tanggap atau tidak terhadap berbagai keluhan dari masyarakat.

"Alhamdulillah saya lihat di Puskesmas Kabila ini relatif bagus layanannya. Ini dibuktikan dengan banyak sekali masyarakat yang datang berobat dan memeriksakan kesehatannya," jelasnya.

Bupati menitipkan upaya-upaya preventif harus digencarkan, termasuk tiap minggunya Puskesmas Kabila diminta untuk melakukan kegiatan, seperti senam pagi atau aerobik bersama.

"Kegiatan preventif seperti ini harus digencarkan di Puskesmas atau dalam skala luas di wilayah kecamatan. Karena ini menjadi salah satu indikator penilaian kinerja Kepala Puskesmas, termasuk pegawai Puskesmas dan pemerintah kecamatan," imbau Hamim.

Pewarta: Adiwinata/Humas

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019