Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Gorontalo, Darda Daraba di Gorontalo, Selasa, mengatakan uang negara harus dikelola dengan tepat melalui perencanaan yang matang.

Menurutnya pengelolaan keuangan negara memiliki arti penting, yang harus diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Harus tepat baik dari sisi kualitas perencanaan, penganggaran maupun eksekusi pelaksanaan belanjanya agar alokasi dana dapat memberikan hasil yang optimal," katanya membuka Seminar Hari Oeang yang digelar oleh Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo.

“Pemprov Gorontalo sangat mengapresiasi inisiatif dan kerja keras Kanwil Ditjen Perbendaharan yang sekaligus bertindak sebagai perwakilan Kementerian Keuangan di Provinsi Gorontalo, karena seminar ini sangat berguna bagi pemerintah, perbankan, mahasiswa, dan masyarakat luas dalam mengelola keuangan Negara,” jelasnya.

Ia menilai pemahaman mengenai kinerja fiskal selama tahun 2019 dan fokus prioritas pemerintah, yang dirangkum dalam APBN tahun 2020 merupakan pembelajaran yang penting.

"Sebagai institusi pemerintah pusat, pemerintah daerah, perbankan, maupun mahasiswa dapat mengambil bagian dan peran untuk dapat turut serta mewujudkan tujuan perencanaan dan pengelolaan negara,” terang Darda.

Sekda berharap eksekusi atas APBN dan APBD baik disisa tahun 2019 dan tahun 2020 dapat dilaksanakan dengan penuh efisen, efektif dan mendukung pencapaian yang optimal.

Sementara itu, Kakanwil Perbendaharaan Gorontalo, Fahma Sari Fatmah mengatakan, Hari Oeang merupakan hari yang setiap tahun diperingati oleh Kementerian Keuangan untuk memperingati mulai berlakunya mata uang pertama bangsa Indonesia pada tanggal 30 Oktober 1946.

“Tahun ini merupakan peringatan yang ke 73 dengan tema Maju Bersama Menghadapi Tantangan,” tambahnya.

Ada dua sesi seminar yang dilakukan yakni kinerja fiskal dan APBN 2020 dengan narasumber Direktur Penyusunan APBN Ditjen Anggaran Kementerian Keuangan RI dan Kakanwil Perbendaharaan.

Sesi kedua, membahas kebijakan fiskal Kementerian Keuangan di Gorontalo oleh Kepala Bagian Umum pada Ditjen Perbendaharaan Gorontalo, Kepala KPP Pratama, Kepala KPKNL Gorontalo, Kepala Bea Cukai Gorontalo dan Kepala KPPN Gorontalo.

Seminar Hari Oeang dihadiri Kepala BPS Gorontalo, Kepala Kanwil Kemenkumham Gorontalo, akademisi, mahasiswa serta instansi vertikal di bawah Kementrian Keuangan yang berada di Gorontalo yang terdiri dari Bea Cukai, KPP Pratama, KPKNL, KPPN.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019