Bupati Bone Bolango Hamim Pou berharap Balai Pelatihan Pertanian (BPP) di daerah itu mampu menampilkan design teknologi yang dapat ditiru para petani.

"BPP serta para penyuluh pertanian harus mampu berinovasi untuk menjawab tantangan pertanian masa kini, design teknologi yang menghasilkan hasil panen pertanian secara maksimal dan optimal," ujar Bupati kepada jajaran penyuluh pertanian belum lama ini.

Pada kegiatan itu juga, Bupati menyerahkan bantuan pertanian dan peternakan ke kelompok tani di Kecamatan Bulango Timur, juga melakukan kegiatan panen komoditas sayuran selada dan penamaman 'pakcoy' dalam sistem hidroponik.

Dia mengatakan, bahwa Pemkab Bone Bolango mendorong penyuluh pertanian untuk terus berinovasi dan diseminasikan teknologi kepada petani secara umum dan keluarganya.

"Pemerintah daerah akan beri penghargaan kepada para penyuluh berkinerja baik. Salah satunya adalah menambah jumlah honor atau insentif untuk memotivasi para penyuluh pertanian tersebut," tambahnya.

Di sela-sela pertemuan dan kunjungan ke lokasi pertanian, Bupati demonstrasikan konsumsi sayur segar yang baru dipetik, dihadapan para petani serta diikuti Ketua DPRD Halid Tangahu, Ketua KTNA Umar Ibrahim dan pimpinan OPD dan Camat.

Kepala Bidang Penyuluhan Yoana Rahman menambahkan, sebagai pusat teknologi ditingkat kecamatan, maka DPP Kabupaten Bone Bolango akan terus melakukan diseminasi teknologi melalui BPP.

"Ke depan kita akan terus berdayakan para penyuluh dan fasilitasi BPP, sehingga tugas dan perannya dapat maksimal dalam diseminasi teknologi," tambahnya.

Pewarta: Adiwinata/Humas

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019