Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mendorong kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) terkait serapan anggaran tahun 2019.

"Badan Keuangan menyampaikan, jika hingga saat ini, serapan anggaran di setiap organisasi perangkat daerah (OPD) baru sekitar mencapai 70-80 persen, maka kondisi ini perlu terus digenjot," ujar Wakil Ketua II DPRD, Hamzah Sidik, di Gorontalo, Kamis.

Ia mengatakan, salah satu indikator keberhasilan pembangunan adalah realisasi serapan anggaran yang signifikan atau sesuai target.

Artinya kata politikus muda Partai Golkar itu, seluruh program yang dirancang Pemkab sepanjang tahun anggaran 2019, berhasil dilakukan atau terealisasi dengan baik.

Selain itu, serapan anggaran sesuai target menandakan kinerja Pemkab sangat baik dalam merealisasikan program kerja di tahun ini.

"Masih ada waktu hingga Desember 2019, DPRD optimistis Pemkab mampu menggenjot serapan anggaran yang wajib direalisasikan," ungkap Hamzah.

Ia pun mengingatkan, agar serapan anggaran untuk belanja publik benar-benar terealisasi sesuai harapan seluruh masyarakat.

"Setiap program kerja Pemkab yang dialokasikan untuk belanja publik, wajib dipastikan benar-benar dinikmati masyarakat, yang akan bermuara pada penurunan angka kemiskinan," imbuhnya.

DPRD kata dia, akan mengecek langsung saat melakukan reses dalam waktu dekat.

"Kami akan memanfaatkan momen tersebut, untuk mengecek seluruh realisasi program pembangunan tahun ini, termasuk akan optimal menyerap aspirasi dalam rangka mendorong keberhasilan pembangunan daerah," ucapnya. ***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019