Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, dibekali ilmu pengelolaan keuangan daerah, melalui bimbingan teknis (Bimtek) bagi para pimpinan dan anggota DPRD.

"Kami perlu mendapatkan Bimtek seperti ini, sebab wajib ada tambahan ilmu ataupun penguatan materi dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) sebagai wakil rakyat yang menjalankan tugasnya di lembaga DPRD," ujar Wakil Ketua Komisi III DPRD Gorontalo Utara, Mikdad Yeser, Kamis.

Ia mengaku, perdana menjadi anggota DPRD untuk periode 2019-2024, tentunya banyak hal yang perlu diketahui, dipahami dan diimplementasikan dalam menjalankan tugas di lembaga tersebut.

Termasuk tentang pengelolaan keuangan daerah serta regulasi yang mengatur.

"Secara khusus, kami diajarkan tentang apa itu pengelolaan keuangan daerah berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 12 tahun 2019," ujarnya.

DPRD kata Mikdad, merupakan bagian penting dari masyarakat, karena para wakil rakyat yang berada di daerah adalah representasi rakyat yang tupoksinya adalah menyuarakan kepentingan rakyat.

Senada dengan itu, Sian Woloks, ketua Badan Kehormatan DPRD, mengaku, juga baru pertama kalinya menjadi anggota DPRD.

"Sebelumnya saya menjalankan masa kedinasan sebagai anggota Polri, maka saat berada di lembaga ini diperlukan penguatan-penguatan yang lebih dalam agar dapat maksimal menjalankan peran dan fungsi sebagai wakil rakyat," ujar politisi PDI Perjuangan ini.

Materi-materi yang disajikan pun kata Sian, dinilainya sangat perlu diikuti seluruh anggota DPRD, seperti pendalaman tugas dan fungsi baik legislasi, penganggaran dan pengawasan DPRD dalam membangun kinerja yang profesional.

Pelayanan prima Sekretariat DPRD terhadap pimpinan dan anggota DPRD, serta perencanaan kinerja DPRD pada masa bakti 2019-2024.

Juga materi terkait merubah pola pikir "mindset" anggota DPRD menuju anggota DPRD profesional dalam memposisikan diri sebagai mitra kerja Kepala Daerah.

Pihaknya kata Sian, secara khusus mengapresiasi kinerja pihak Sekretariat DPRD yang telah menghadirkan para tenaga ahli atau akademisi handal, seperti dari Universitas Brawijaya, sebagai pemateri pada kegiatan Bimtek yang dilaksanakan selama tiga hari sejak Selasa-Kamis (3-5 Desember 2019) di Surabaya, Jawa Timur.***
25 anggota DPRD Gorontalo Utara, mengikuti Bimtek Pengelolaan Keuangan Daerah, digelar di Surabaya, Jawa Timur. (ANTARA/HO)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019