Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin berharap agar Pulau Saronde yang ada di wilayah tersebut, dapat menjadi ikon pariwisata di Provinsi Gorontalo.

"Keindahan Saronde punya daya jual tinggi untuk memikat lebih banyak pengunjung datang ke Gorontalo," ujar Bupati, di Gorontalo, Kamis.

Ia mengaku, meminta khusus secara langsung kepada Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, agar Pulau Saronde dapat menjadi ikon pariwisata di provinsi tersebut.

"Jika menjadi ikon pariwisata provinsi, tentu akan lebih mudah meningkatkan keberadaan pulau ini dari segi infrastruktur maupun promosi," ujarnya.

Kunjungan pariwisata ke Pulau Saronde tergolong tinggi, bahkan saat musim libur tiba, dalam sebulan pengunjungnya bisa di atas 1.000 wisatawan, baik lokal, nusantara hingga mancanegara.

Bupati berharap, Pulau Saronde dapat dikenal luas sehingga lebih memikat wisatawan untuk mengunjungi pulau yang dikenal dengan keindahan hamparan pasir putih dan keberagaman biota lautnya.

Menjadi ikon provinsi pun kata Bupati, akan sangat menguntungkan dari segi pemasaran.

Termasuk membuka peluang pulau tersebut menjadi lokasi penyelenggaraan iven pariwisata tingkat provinsi maupun nasional.

Keberadaan Pulau Saronde pun ditunjang dengan empat desa yang ada di Kecamatan Ponelo Kepulauan, sebagai wilayah penyanggah pengembangan kawasan pariwisata di daerah itu.

Makanya, permintaan menjadikan Pulau Saronde sebagai ikon pariwisata provinsi katanya, akan terus diperjuangkan.

Apalagi pemerintah provinsi ikut memberi perhatian yang tinggi terhadap peningkatan perekonomian di wilayah Ponelo Kepulauan, yang diharapkan ikut bermuara pada peningkatan sektor pariwisata.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019