Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Kepolisian Perairan Gorontalo memaksimalkan pengamanan dengan menyiagakan sejumlah unit kapal di Kabupaten Gorontalo Utara yang berhadapan langsung dengan wilayah negara Filipina.

Direktur Polair Kepolisian Daerah Gorontalo, Kombes Pol Edison di Gorontalo, Senin, mengatakan bahwa indonesia merupakan poros maritim dunia, termasuk juga didalamnya adalah teluk tomini yang wilayahnya adalah Provinsi Gorontalo.

Sehingga saat ini pihaknya tengah berupaya membantu pemerintah dalam menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi pemerintah daerah, kemudian devisa bagi negara, dibanding dengan waktu sebelumnya.

Hal itu tentunya kata Edison sangat erat kaitannya dengan pengamanan perairan indonesia khususnya Provinsi Gorontalo yang memiliki kekayaan tiada tara.

"Sebab selama ini kita sering kecolongan di perairan," Kata Edison.

Pihaknya kata Edison, telah mengerahkan 7 unit kapal khusus di Gorontalo Utara sebagai dukungan pengamanan, mengingat cuaca di wilayah itu sangat ekstrime ditambah lagi dengan ombak yang besar.

Selain itu juga, di wilayah tersebut kata Edison, sering terjadi kejahatan perairan sehingga pihaknya akan fokus pada penindakan terhadap penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan.

"Biasanya mereka menggunakan bom dalam menangkap ikan," Kata Edison. 

Pewarta: Wahiyudin Mamonto

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014