Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, berjanji akan segera melakukan pengaspalan jalan di Kecamatan Bulango Ulu, Kabupaten Bone Bolango.

Menurut gubernur, Minggu, akses jalan yang kurang lebar dan berbatu di wilayah itu, berdampak pada terhambatnya kegiatan perekonomian masyarakat setempat.

Padahal Bulango Ulu merupakan daerah penghasil sejumlah komoditi pertanian, seperti jagung, durian dan langsat yang memasok kebutuhan di Gorontalo.

"Saya merasakan sendiri perjalanan ke Bulango Ulu saat berkunjung, masyarakat terutama petani dan pedagang pasti lebih kesulitan lagi, dengan kondisi jalan seperti itu," ungkapnya.

Meski demikian, pemprov mengalami kendala untuk merealisasikan rencana pelebaran dan pengaspalan jalan sepanjang 15 kilometer itu, karena statusnya merupakan jalan kabupaten.

Status tersebut menyulitkan pemprov, karena tidak memiliki kewenangan untuk melakukan pekerjaan dan perbaikan jalan.

"Kecuali Bupati Bone Bolango menyurat kepada pemprov untuk dialihkan menjadi jalan provinsi. Saya akan meresponnya segera agar tahun 2014 bisa segera diaspal," tambahnya.

Dengan jumlah penduduk 3.367 jiwa yang didukung potensi pertanian, gubernur menilai wilayah itu layak diprioritaskan dalam pembangunan sarana transportasi.

"Mahalnya harga transportasi menghambal perputaran ekonomi, karena hasil bumi tidak seluruhnya bisa dijual di wilayah kota.Tak heran buah dari daerah lain justru merajai pasar Gorontalo," tukasnya.

Pewarta: Oleh Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013