Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengimbau petani di daerah itu untuk dapat menggunakan pupuk organik dalam mengolah lahan pertanian.

"Ketersediaan bahan pupuk organik yang melimpah memberi peluang bagi petani di wilayah Kabupaten Gorontalo agar dapat bijak mengolah lahan pertaniannya secara baik," ujarnya di Gorontalo, Senin.

Oleh karena itu ia meminta petani agar dapat menggunakan dan memanfaatkan pupuk jenis organik dalam rangka membangun produksi pangan yang sehat untuk dikonsumsi.

"Pupuk anorganik yang melimpah di hari inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa saat ini masyarakat dunia merana. Hal itu karena dengan penggunaan pupuk anorganik yang besar, hasil tanaman menjadi tidak sehat dan menimbulkan berbagai penyakit," ungkapnya.

Saat ini juga Dinas Pertanian setempat telah memiliki rencana aksi revitalisasi pertanian, `integrated farming system`, penggunaan pupuk organik, dan pengembangan varietas benih tahan iklim.

Pemerintah Kabupaten Gorontalo juga menjadikan Desa Balahu, Kecamatan Tibawa, lokasi contoh pertanian terpadu bagi masyarakat umum, khususnya petani.

Sistem pertanian terpadu merupakan penggabungan semua komponen pertanian dalam satu sistem usaha pertanian yang terpadu yang mengedepankan ekonomi berbasis teknologi yang ramah lingkungan dan optimalisasi semua sumber energi yang dihasilkan.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020