Bupati Gorontalo Utara Gorontalo Indra Yasin mengatakan jika Sensus Penduduk 2020 (SP2020) yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sangat penting bagi daerah dalam menyajikan data kependudukan yang akurat.

"Pemerintah daerah berkepentingan dengan adanya data untuk penyusunan program dan pengambilan keputusan," ujar Indra usai mengisi SP2020 daring di Gorontalo, Sabtu.

Menurutnya, dengan tersedianya data yang valid, maka pemerintah daerah tidak akan kesulitan dalam mengambil keputusan dan kebijakan bagi masyarakat.

"SP2020 ini memiliki peran penting bagi Pemerintah Pusat dalam menurunkan program-program hingga ke daerah, oleh karena ini harus kita sukseskan," ungkapnya.

Menurutnya setiap elemen harus turut serta menyukseskan SP2020, karena jika tidak maka dapat berpengaruh kepada masyarakat.

"Oleh karena itu saya mengajak masyarakat untuk memberikan data yang benar dan akurat, karena data tersebut sangat berarti bagi pemerintah daerah," tegasnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat saat didatangi oleh petugas sensus agar berada di tempat dan mengisi semua data secara lengkap.

"Saat ini Sensus Penduduk 2020 secara daring sudah dapat diakses melalui perangkat yang terhubung dengan internet yang dimulai dari 15 Februari hingga 31 Maret 2020," pungkasnya.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020