Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo akan menggelar pekan QR Indonesian Standard (QRIS) yang secara serentak akan dilaksanakan di seluruh Indonesia melalui 46 kantor cabang Bank Indonesia, pada tanggal 9-15 Maret 2020.

Kepala KPw BI Provinsi Gorontalo Budi Widihartanto di Gorontalo, Kamis, mengatakan kegiatan itu adalah hasil kerja sama dengan Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP), dan akan dikemas dalam berbagai kegiatan seperti edukasi, sosialisasi, lomba vlog-QRIS dan acara menarik lainnya.

"Sejak awal tahun 2020 tidak boleh lagi ada penggunaan QR yang tidak sesuai dengan standar QRIS," ujarnya pada bincang media bersama para wartawan.

Pekan Raya QRIS Nasional tersebut bertujuan untuk meningkatkan penggunaan QRIS kepada masyarakat dan komunitas penjual (merchant) dan memastikan pengguna QRIS dapat meluas.

"Pekan QRIS di Gorontalo akan dilaksanakan dari tanggal mulai 9-14 Maret 2020 diisi dengan beragam kegiatan. Masing-masing kegiatan tersebut nantinya akan dikemas dalam bentuk sosialisasi dan edukasi yang dilaksanakan dengan cara berkolaborasi antara BI dengan pemerintah daerah, perbankan, PJSP, akademisi dan pelaku UMKM," jelas Budi.

Rangkaian Pekan QRIS dimulai dengan promosi di media sosial, bincang media, sosialisasi di Universitas Negeri Gorontalo (UNG), pelaku UMKM, Dewan Masjid, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango serta merchant binaan PJSP dan perbankan.

Sementara puncak acara atau kegiatan utama Pekan QRIS Nasional akan dilaksanakan pada Sabtu (14/3) di lapangan Taruna, Kota Gorontalo.

"Acara puncak akan dikemas dengan beragam kegiatan seperti fun walk, live musik, bazar makanan merchant QRIS, pengumuman lomba vlog-QRIS dan akan disediakan beragam doorprizes menarik," bebernya.

Budi berharap penerapan QRIS di Gorontalo dapat mendukung transaksi masyarakat agar menjadi lebih mudah dan cepat sehingga perekonomian daerah dapat bergerak lebih cepat, termasuk dalam mendorong kegiatan di sektor pariwisata.
Kepala KPw BI Provinsi Gorontalo Budi Widihartanto (ketiga kiri) saat memberikan keterangan kepada wartawan pada bincang media di Kota Gorontalo, Gorontalo, Kamis (5/3/2020). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020