Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meminta seluruh distributor maupun produsen pupuk di daerah itu mempublikasikan nomor telepon melalui media massa untuk mempermudah petani mendapatkan informasi mengenai pupuk.

"Kalau sekarang nomor HP distributor bisa dicantumkan di koran, semoga warga bisa mengakses dengan mudah. Perkara nomor telepon mungkin memang sepele, tapi tidak bagi petani. Justru itu sangat bermanfaat," katanya di Gorontalo, Rabu.

Menurutnya, ia mendapatkan banyak pertanyaan mengenai ketersediaan pupuk serta harga melalui pesan singkat yang masuk ke telepon genggamnya

Hal teknis seperti itu, kata dia, tak bisa langsung dijelaskannya satu per satu sehingga distributor harus mengambil bagian langsung.

"Di sisi lain saya merasa prihatin juga dengan para petani. Saya kan nggak bisa langsung jawab saat itu, saya harus koordinasikan dengan Kadis Pertanian atau para distributor. Jika nomor distributornya sudah ada di koran, pelayanan khususnya menyangkut distribusi pupuk bisa langsung dari mereka," jelasnya.

Penerapan kebijakan tersebut juga diharapkan dapat meminimalisir penyimpangan distribusi pupuk di tingkat bawah.

Para petani, lanjutnya, bisa langsung mengawasi ketersediaan dan distribusi pupuk sehingga tercipta transparansi.

Gubernur juga mewanti wanti kepada penyedia pupuk untuk memaksimalkan pelayanan.

"Sudah ada komitmen antara pak menteri dengan para agen. Kalau macam-macam, pak Menteri tidak segan untuk memberi sanksi. Mudah mudahan ke depan distribusi pupuk semakin lancar," imbuhnya.

Sejak awal menjabat Gubernur, Rusli meminta seluruh kepala dinas dan badan untuk mempublikasi nomor telepon melalui koran agar masyarakat mudah mengakses informasi.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015