Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango terus seriusi program percepatan pembangunan dan perbaikan beberapa infrastruktur, guna mendorong sektor perekonomian di daerah.

"Perbaikan sektor insfrastuktur, baik akses jalan, air bersih, pelayanan listrik dan prasarana perkantoran, akan diupayakan dalam jangka pendek ini," kata Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, Minggu.

Diakui bupati, bahwa kebutuhan akan infrastruktur dasar itu sangat penting dalam menggerakan roda perekonomian di daerah, terutama sektor pertanian, perkebunan hingga perikanan.

Sebagian besar masyarakat di daerah itu adalah petani dan nelayan, sehingga perlu adanya keseimbangan pemerataan pembangunan hingga ke pelosok wilayah.

"Pembangunan tidak harus lagi terfokus di kota-kota besar, daerah terpencil seperti di wilayah Pinogu, Bone Pantai dan lainnya harus merasakan pemerataan pembangunan," ujarnya.

Selain masalah infrastruktur tersebut, Pemkab Bone Bolango juga memprioritaskan program pendidikan bermutu, dengan memperhatikan bangunan-bangunan sekolah dan penyebaran guru yang belum optimal.

Pemkab berkeinginan angka partisipasi sekolah ke depan harus lebih baik lagi, karena fakta selama ini tingkat SDM atau jumlah peserta didik, masih sangat tipis atau kurang sekali.

"Hal ini disebabkan karena biaya pendidikan yang mahal, akses prasarana pendidikan kurang atau tidak memadai," tambahnya.

Bagi pemkab bahwa tiga sektor utama untuk akselerasi pembangunan yang menjadi perhatian di daerah tersebut diantaranya, pendidikan, kesehatan dan insfrastuktur.

Pewarta: Oleh Wahiyudin Mamonto

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013