Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Provinsi Gorontalo akan menyerahkan pekerjaan jalan di Kecamatan Taluditi, Kabupaten Pohuwato untuk dikerjakan oleh jajaran TNI.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Jumat, mengatakan, Sebagai langkah awal, Dinas Pekerjaan Umum berencana memperbaiki ruas jalan Taluditi sepanjang tiga kilometer, dengan nama paket jalan Motolohu-Marisa IV.

Sebelumnya akses jalan vital yang menghubungkan Marisa II Kecamatan Randangan hingga ke Marisa VII Taluditi itu kondisinya sebagian rusak parah.

"Infrastruktur desa sebetulnya menjadi kewenangan Pemda setempat. Tapi agar cepat terealisasi kami menganggarkan Rp1,8 miliar dan Dinas Pekerjaan Umum akan kerja sama dengan TNI untuk kerjakan jalan desa," katanya.

Menurutnya, pemprov akan kerja sama dengan TNI melalui program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD).

Program TMMD merupakan program TNI Angkatan Darat untuk membantu pemerintah dan masyarakat setempat membangun infrastruktur jalan dan jembatan.

Selain itu ada pula program pengembangan pertanian dan perkebunan yang melibatkan prajurit TNI dan masyarakat.

"Jalan itu statusnya sudah jalan provinsi sehingga akan segera kita perbaiki secara bertahap," tukasnya.

Ia menambahkan, sejak tiga tahun lalu Pemprov Gorontalo sudah tanda tangani MoU dengan Kepala Staf Angkatan Darat untuk mensukseskan program tersebut.

Pada tahun 2014, kata dia, pemprov mengucurkan anggaran sebesar Rp2 miliar dikucurkan untuk perbaikan infrastrukur di dua desa sasaran yakni Desa Tabumela Kecamatan Tinelo dan Desa Dulamayo Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015