Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Organisasi Solidaritas Isteri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) mendorong pemerintah daerah (pemda), untuk berinovasi mengembangkan potensi daerah.

Ketua I SIKIB, Okke Hatta Radjasa, Rabu, pada kunjungannya di Gorontalo Utara, mengatakan, inovasi pengembangan potensi daerah seperti olahan pangan berbahan dasar komoditi unggulan, bisa menjadi sarana memperkenalkan daerah itu secara luas.

Okke mencontohkan, makanan olahan berbahan dasar jagung, bisa dikemas khusus menjadi ole-ole khas yang bisa dibawa pulang para anggota SIKIB.

Inovasi rasa dan kemasan yang menjamin produk olahan bisa tahan lama dan memiliki cita rasa khas berkualitas, dapat dipublikasikan ke Jakarta bahkan ke berbagai daerah lain di Indonesia, sehingga akan ada ketertarikan mengunjungi daerah ini.

"Saya bisa sampaikan ke pak Hatta kalau produk jagung Gorontalo Utara itu unik, sebab rasanya khas dan bisa diolah menjadi beragam makanan yang lezat dan bergizi tinggi," ungkap Okke, isteri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Hatta Radjasa.

Saat menyampaikan sambutannya pada peresmian sarana Rumah Pintar (Rumpin) Mandiri Molingkapoto, Kecamatan Kwandang, Okke mengatakan, SIKIB tidak sekedar menjadi organisasi pelengkap dalam perannya membangun daerah untuk mewujudkan bangsa yang sehat dan negara yang kuat.

Namun di setiap kunjungannya ke berbagai daerah, para anggota SIKIB harus mau mempublikasikannya secara meluas termasuk Gorontalo, sehingga Okke berharap, sinergitas antara program organisasi tersebut dengan pemda, akan berkembang pada berbagai kegiatan positif lainnya.

Termasuk peduli terhadap kemajuan daerah melalui pengenalan komoditi unggulan yang dimiliki.

Selain mencanangkan Gerakan Indonesia Berseri di Desa Botungobungo, Molingkapoto, SIKIB juga memperkenalkan program Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (MKRPL) kepada masyarakat.

Para ibu rumah tangga bisa memanfaatkan pekarangannya untuk menanam sayuran dan rempah, agar bisa memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga berbasis lahan pekarangan tanpa harus mengeluarkan biaya.

Diantara anggota SIKIB yang turut serta pada kegiatan di daerah itu, yaitu Nini Dipo Alam, Rossi Apriyanto, Carolina Kaluku, Idah Rosyida Indrayana, Ita Mahendra Siregar, Violeta Gusti Hatta, Adelina Mangindaan, Laili M.Nuh dan Hanna Fadel Muhammad didampingi jajaran Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo dan kabupaten.

Kegiatan akan berlangsung hingga Kamis (23/5), untuk mengunjungi sarana rumah pintar lainnya yang ada di Kabupaten Gorontalo dan Bone Bolango.

Pewarta: Oleh Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013