Fraksi NasDem Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) mengupayakan penyediaan asrama tinggal bagi para tenaga kesehatan di daerah itu.

"Kami sementara memperjuangkan asrama bagi tenaga kesehatan di daerah ini, berlokasi di kompleks rumah sakit umum daerah (RSUD) dr Zainal Umar Siddiki, di Desa Bulalo, Kecamatan Kwandang," ucap wakil ketua I DPRD Gorontalo Utara dari fraksi NasDem, Roni Imran, di Gorontalo, Kamis.

Peninjauan lahan sudah dilakukan pihaknya bersama Balai Pelaksana Penyedia Perumahan wilayah Provinsi Gorontalo.

"Kami berharap, sinergi yang baik dengan pemerintah daerah akan mewujudkan tempat tinggal sementara yang representatif bagi para tenaga kesehatan yang aktif bertugas di rumah sakit ini maupun di fasilitas kesehatan terdekat," ucapnya.

Fraksi NasDem menginisiasi penyediaan tempat tinggal sementara bagi tenaga kesehatan di daerah itu, untuk mendorong kinerja dan peningkatan jumlah para dokter maupun perawat yang akan bertugas di daerah ini.

"Termasuk berharap fasilitas serupa yang telah ada di Kabupaten Pohuwato, bisa terwujud di daerah ini pada tahun anggaran 2021, mengingat pemenuhan sarana tempat tinggal baik untuk dokter maupun perawat sangat diperlukan dalam upaya meningkatkan jumlah sumber daya manusia (SDM) di bidang pelayanan kesehatan yang perlu ditingkatkan di daerah ini," ungkapnya.

Termasuk pada penanganan pasien COVID-19.

Fasilitas rumah tinggal seringkali menjadi alasan bagi tenaga kesehatan yang akan bertugas di tempat ini.

"Beberapa 'curhat' ke kami. Pak, saya ingin sekali bertugas di daerah ini, tapi bingung mau tinggal dimana," ucap Roni mengutip penyampaian tenaga kesehatan yang ingin mengabdi dan bertugas di daerah ini.

Maka pihaknya, mengajak pemerintah daerah untuk memperjuangkan kepentingan tersebut di tingkat pusat, untuk memberi jaminan tempat tinggal yang layak bagi tenaga kesehatan di daerah ini.

"Penyediaan sarana perumahan seperti asrama tenaga kesehatan, perlu menjadi pertimbangan dan prioritas di bidang pelayanan kesehatan di daerah ini," ucapnya.***
 
Wakil ketua I DPRD Gorontalo Utara, Roni Imran bersama pihak Balai Pelaksana Penyedia Perumahan Provinsi Gorontalo. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020