Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pohuwato, Provinsi Gorontalo, memastikan siap mengikuti tracking atau pelacakan setelah hasil tes usap (swab test) tiga bakal calon peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 Kabupaten Pohuwato dinyatakan positif COVID-19.

"Kami telah berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan, untuk penjadwalan swab test COVID-19, sebab kewenangan melakukan tracking, menjadi tanggung jawab instansi tersebut," ujar Firman Ikhwan, anggota Divisi Data dan Informasi KPU Kabupaten Pohuwato, di Gorontalo, Sabtu.

Sejauh ini katanya, seluruh komisioner KPU Pohuwato telah mengikuti tes cepat atau rapid test COVID-19 dengan hasil nonreaktif, sebagaimana hasil yang diperoleh ketua KPU kabupaten ini.

Pihaknya berharap, tidak ada komisioner maupun tim pokja termasuk seluruh staf kesekretariatan yang dinyatakan positif COVID-19, agar pelaksanaan seluruh tahapan tetap berjalan aman, lancar dan sukses.

Total bakal calon yang dinyatakan positif COVID-19 dari empat bakal paslon yang datang mendaftar di KPU setempat, sebanyak 3 orang.

Saat ini mereka sementara melakukan isolasi mandiri, termasuk menunggu penjadwalan pemeriksaan kesehatan yang digelar di Rumah Sakit Umum Aloei Saboe di Kota Gorontalo.

KPU Pohuwato telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, IDI, Rumah Sakit dan tim dokter, untuk penjadwalan tersebut.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020